Cari Blog Ini

Selasa, 06 Desember 2011

Jurnal kegiatan desember minggu ke-1

     salah satu kegiatan kita minggu ini adalah membuat lubang resapan atau lubang biopori. kami selalu membuat lubang biopori minimal 4 lubang per hari. alasannya adalah karena saat musim hujan, sekolah kami sering banjir, dan surutnya memakan waktu lebih dari 2 hari. dan disaat seperti ini, peranan biopori sangat dibutuhkan sekali untuk mempercepat proses penyerapan air ke tanah.

      yang membuat lubang biopori ini bukan hanya dari tim SGG, tapi juga beberapa bapak guru, kakak kelas 12, dan teman-teman lain yang dengan sukarela membantu. kami membuat biopori setiap pulang sekolah. karena sudah banyak siswa yang pulang jadi sudah tidak terlalu ramai, dan kami bisa lebih intensif dalam membuat biopori, dan kami bisa bebas berkotor-kotor (misal: sepatu terkena lumpur, dll). untuk saat ini, kami mengintensifkan pembuatan di daerah letter T dan jalur naga, karena di daerah itu lebih sering banjir dan airnya lebih lama surut. setelah letter T dan jalur naga sukses, kami akan membuat biopori di letter U
 
      tanggapan dari teman-teman tentang pembuatan biopori ini sangat bermacam-macam. ada yang mengatakan,"he, lapo nggae ngenean? ngotor-ngotori dalan ae" tapi kami bersyukur karena jauh lebih banyak teman yang mengerti tujuan dari pembuatan biopori ini.

      kalau yang diatas laporan mengenai biopori kita, skarang laporan kegiatan minggu ini mengenai pengoptimalan takakura. di sman 16 ada sekitar 12 takakura yang kualitasnya pun bagus, tapi untuk yang telah aktif bekerja hanya separuhnya. dari sini temen-temen SGG mau aktifin lagi yang belum di pakai, takakura-takakuranya kita isi dengan starter yang sempet diambil dari tunas hijau ^^, trus takakura itu dibawa kek kantin yang memang butuh dobel. dan mulai kemarin anak SGG sudah memantau kelas yang sekiranya bisa memanfaatkan biopori tersebut dengan baik, agar nanti bisa jadi contoh kek kelas lain. walau hanya beberapa takakura yang aktif di kantin-kantin. takakura sman 16 sempet di puji ama tim adiwiyata yang sempet mampir ke sman 16. katanya sih hebat trus bisa dipanen. wahhh takakuraku harus bisa sukses nih.


sekian ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar